Kamis, 01 Oktober 2015

Kebudayaan Indonesia




Indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945 terdiri dari sekitar 13.446 pulau tersebar dari sabang sampai marauke. Oleh karena itu indonesia disebut juga negara kepulauan. Dan setiap pulau di indonesia memiliki beraneka ragam etnis dan budaya. Kebudayaan nasional merupakan sebuah pengakuan atas beberapa budaya dari berbagai etnis sebagai identitas nasional atau gambaran identitas bagi sebuah bangsa. Budaya timur selalu bertentangan dengan budaya barat.

Definisi

Budaya merupakan salah satu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Unsur-unsur yang membangun sebuah budaya budaya antara lain bahasa, adat istiadat, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
Jadi budaya itu suatu pola hidup menyeluruh yang bersifat kompleks, abstrak, dan luas.

Pengertian budaya menurut para ahli

Melville j. Herskovits dan Bronislaw Malinowski Mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Dan istilah pendapatnya adalah cultural-determinism

Edward burnett tylor kebudayaan merupakan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur- struktur sosial, religius dan lain-lain. Segala pernyataan intelektual, dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat

Selo soemardjan dan soelaiman soemardi kebudayaan adalah suatu sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat

Definisi dari pendapat para ahli kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan, dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak

Unsur-Unsur budaya

Bahasa
Bahasa alat suatu perwujudan yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi dan berhubungan, baik lewat tulisan, lisa, ataupun gerakan. Dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya.

Adat istiadat
Adat istiadat adalah suatu kebiasaan atau gaya hidup suatu daerah yang bersifat turun-temurun. Dan merupakan sebagai identitas sebuah daerah. Dan setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda-beda.

Kesenian
Kesenian adalah suatu nilai yang mengacu pada nilai estetika/keindahan yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga.

Macam macam budaya di pulau jawa

a. Rumah Adat
  1. Jawa Tengah: Joglo
  2. Jawa Timur: Joglo
  3. DI Yogyakarta: Joglo
  4. Jawa Barat: Kasepuhan
  5. Bali: Natar
b. Tarian
  1. DKI Jakarta: Topeng dan Yapong.
  1. Jawa Barat: Bangbarongan, Bengberokan, Jaipongan, Tari Cikeruhan, Tari Topeng Cirebon, Tari Topeng Priangan, Kuda lumping, dan Reog (Sunda).
  1. Jawa Tengah: Ebeg, Topeng Ireng, Kuda lumping, Tari Topeng Sinok, Tari Topeng Brebes, dan Reog (Banjarharjo).
  1. Jawa Timur: Tari Remo, Kuda lumping, Reog (Ponorogo)
  2. Yogyakarta: Tari Golek Menak dan Kuda lumping.
  1. Bali: Joged Bumbung, Gambuh, Kecak, Legong, Sanghyang, Tari Bali, Tari Jangger, Tari Pendet, dan Tari Rejang.

Kebudayaan indonesia yang mendunia
 
1.      Tari pendet 
Tari pendet merupakan tari pemujaan yang banyak dipergakan di pura. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Perkembangan jaman tari pendet dijadikan “ucapan selamat datang” oleh para seniman di bali. 

2.      Batik  
Batik adalahteknik pembuatan corak menggunakan cantik atau cap dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna corak “malam” (wax) yang diaplikasikan diatas kain/bahan yang terbuat dari serat alami.

3.      Wayang
Wayang merupakan sebuah cerita kerajaan yang dipergakan oleh orang-orang yang memakai kostum atau disebut wayang orang, dan ada juga berupa sekumpulan boneka yang dimainkan oleh dalang disebut wayang golek/wayang kulit. 

4.      Rendang
Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Rendang juga menggunakan kelapa dan campuran berbagai bumbu khas indonesia.

5.      Angklung 
Angklung adalah alat musik tradisional indonesia terbuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada.

Budaya indonesia yang diklaim negara lain

1.      Rendang dari sumatera barat oleh oknum WN malaysia

2.      Lagu Rasa sayang sayange dari maluku oleh pemerintahan malaysia

3.      Tari reog ponorogo dari jawa timur oleh pemerintahan malaysia

4.      Lagu  Soleram dari riau oleh pemerintahan malaysia

5.      Alat musik gamelan dari jawa oleh pemerintahan malaysia

6.      Tari kuda lumping dari jawa timur oleh pemerintahan malaysia

7.      Tari piring dari sumatera barat oleh pemerintahan malaysia

8.      Tari pendet dari bali oleh pemerintahan malaysia.

Kesimpulan :
Sebagai warga negara bangsa indonesia kita harus berterima kasih pada pendahulu kita yang sudah menduniakan kebudayaan indonesia. Namun masih ada beberapa budaya kita yang diklaim maka dari itu kita sebgai genereasi selanjutnya memliki tugas menjaga dan mebuat bangsa indonesia lebih dipandang lebih dalam segi budaya.


Sumber refrensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar