PENGERTIAN
Pemasaran global adalah proses menfokuskan sumber daya
(manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk
memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global. Pasar demikian biasanya
tercipta karena adanya konsumen yang lebih menyukai produk standar , harga
murah, dan karena adanya perusahaan global yang memanfaatkan jaringan operasi
dunia mereka untuk bersaing dipasar-pasar global.
Dimensi-dimensi utama dalam pemasaran
global:
Lingkungan
pemasaran global
Segmentasi pasar
global
Pemasaran dengan
sasaran global
Merumuskan
strategi dan rencana pemasaran global
Bauran pemasaran
global
Mengelola dan
memimpin usaha pemasaran global
STRATEGI
MEMASUKI PASAR GLOBAL
a. Melakukan
Ekspor-Impor
Ekspor-Impor dilakukan terhadap beberapa negara, sehingga
nama suatu perusahaan tersebut dapat dikenal oleh banyak negara. Dan memberikan
beberapa manfaat bagi perusahaan itu sendiri. Namun terkadang ada beberapa
komplain dari penerima barang, maka diusahakan untuk menipiskan komplainan itu
sendiri.
b. Membuka kantor
perwakilan atau cabang
Pembentukan sebuah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya
disebut sebagai Greenfield Venture atau usaha ladang-hijau. Tindakan ini
merupakan sebuah proses yang kompleks dan berpotensi akan memakan biaya besar,
tetapi strategi ini memiliki keunggulan karena memiliki kontrol maksimum kepada
perusahaan sehingga jika berhasil berpotensi memberikan laba di atas rata-rata.
Hal ini secara khusus benar untuk perusahaan yang memiliki kapabilitas tidak
berwujud .
c. Mengeluarkan
lisensi asing/kontrak manufaktur dan alih teknologi.
Perusahaan pemberi Lisensi
(Licensor) membuat persetujuan dengan menerima Lisensi (Licensee) bahwa
Licensee memperoleh Hak untuk menggunakan Proses / Teknologi Produksi, Merk
Dagang, Paten dsb, dengan membayar Fee /
Royalty kepada Licensor . Licensor dalam hal ini memperoleh manfaat , yaitu
dapat memasuki pasar Asing dengan Risiko Rendah. Contoh : DISNEYLAND mengeluarkan Lisensi untuk memproduksi dan
memasarkan produknya : - Donald Bebek, Mickeymouse, dll.
d. Melakukan
Franchising
Yaitu bentuk kerjasama tertulis antara pihak Franchisor dan
Franchise diberi hak untuk mendistribusikan Produk atau Jasa tertentu dalam
periode dan Wilayah tertentu serta cara-cara
yang ditentukan oleh Franchisor. Contoh : MC. Donald, KFC. Dll.
e. Membuka Usaha Patungan atau Joint Venture
Investor luar negeri dapat bergabung investor lkal untuk
membentuk usaha patungan dimana mereka membagi kepemilikan dan control.
Perusahaan luar neheri mungkin kekurangan sumber daya finansial atau manajerial
atau manajerial untuk menjalankan usahanya.
f. Melakukan
Akuisisi Perusahaan Lain
Akuisisi adalah pengambilan kepemilikan atau pengendalian
atas saham atau asset suatu perusahaan oleh perusahaan lain, dan dalam
peristiwa ini baik perusahaan pengambilalih atau yang diambil alih tetap eksis
sebagai badan hukum yang terpisah.
Keuntungan akuisisi diantaranya adalah :
1. akuisisi dapat
menyediakan akses cepat ke sebuah pasar yang baru
2. akuisisi dapat
memberikan jalan untuk ekspansi internasional
sedangkan kelemahan dari akuisisi adalah :
1. pendanaan yang
mahal sehingga seringkali diperlukan pendanaan melalui utang.
2. negosiasi
internasional untuk akuisis dapat menjadi kompleks karena dihadapkan pada
syarat-syarat hukum dan perundang- undangan di negara tuan rumah dan perusahaan
sasaran dan mendapatkan informasi yang tepat untuk menegosiasikan perjanjian
FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT BISNIS
GLOBAL
A. Kekuatan Yang Mendorong
o Kebutuhan Pasar
Budaya universal seperti perbedaan budaya terdapat unsur
yang sama dalam sifat manusia yang menjadi dasar untuk menciptakan dan melayani
pasar global.
Contoh : minuman ringan, salah satu industri global yang
terbesar yang sukses
o Teknologi
Professor Levitt menulis artikel ” kenyataan komersial yang
baru – munculnya pasar global untuk produk konsumen standar dalam skala yang
belum pernah dibyangkan”. Ada kekuatan yang amat besar yang mendorong dunia ke
arah menyatunya hal-hal yang sudah umum dan kekuatan itu adalah Teknologi.
Teknologi menyederhanakan komunikasi, transpotasi dan perjalanan.
o Biaya
Keseragaman dapat menurunkan biaya riset, rekayasa, desain,
kreatif dan produksi di semua fungsi bisni , dari rekayasa sampai pemasaran dan
administrasi.
o Mutu
Volume global menghasilkan penerimaan dan mutu operasi yang
lebih besar untuk mendukung mutu desai dan pembuatan.
o Komunikasi dan
Transportasi
Revolusi informasi memberikan kontribusi pada berkembangnya
pemasaran global.
o Daya Tuas
Keunggulan yang dimilikinya karena perusahaan itu beroperasi
secara simultan dilebih dari satu pasar nasinal. Sebuah perusahaan global dapat
mengembangkan 5 tipe daya tuas :
1. Transfer pengalaman
2. Transfer
sistem
3. Penghematan
skala
4. Pendayagunaan
Sumber daya
5. Strategi
global
B. Kekuatan Yang
Menghambat
o Perbedaan Pasar
Dalam setiap kategori produk, perbedaan masih cukup banyak
diantara batas negara dan budaya budaya yang memerlukan adaptasi dari beberapa
unsur bauran pemasaran.
o Sejarah
Sejarah merek dagang mungkin memerlukan strategi pemasaran
khusus dan berbeda, serta di setiap negara perlu penentuan posisi tersendiri.
o Kecadokan
Manajemen
Dalam banyak hal, produk dan kategori merupakan calon untuk
globalisasi, tetapi manajement tidak menangkap kesempatan tsb.
o Budaya Organisasi
Perusahaan global yang sukses adalah pemsar yang telah
belajar cara memadukan visi global dan perspektif dengan insiatif dan masukan
pasar lokal. Hal ini sulit dilakukan oleh perusahaan.
o Kendali Nasional/
Hambatan untuk masuk suatu Negara
Setiap negara melindungi perusahaan lokal dan kepentingannya
dengan memegang kendali terhadap akses pasar dan jalan masuknya.
Dampak Positif
Perdagangan Internasional
Meningkatkan
Kesejahteraan
Mempercepat
Pembangunan
Meningkatkan
sumber daya manusia
Alih Teknologi
Dampak Negatif
Perdagangan Internasional
Menimbulkan
ketergantungan kepada negara lain
Cenderung statis
Pengusaha yang
tidak kompetitif terancam gulung tikar
Adanya perubahan
nilai sosial budaya
Manfaat perdagangan internasional
Efisiensi
Melalui perdagangan internasional, setiap negara tidak perlu
memproduksi semua kebutuhannya, tetapi cukup hanya memproduksi apa yang bisa
diproduksinya dengan cara yang paling efisien dibandingkan dengan negara-negara
lain. Dengan demikian, akan tercipta efisiensi dalam pengalokasian sumber daya
ekonomi dunia.
Perluasan konsumsi dan produksi
Perdagangan internasional juga memungkinkan konsumsi yang
lebih luas bagi penduduk suatu negara.
Peningkatan
produktifitas
Negara-negara yang berspesialisasi dalam memproduksi barang
tertentu akan berusaha meningkatkan produktivitasnya. Dengan demikian mereka
akan tetap unggul dari negara lain dalam memproduksi barang tersebut.
Sumber penerimaan
Negara
Dalam perdagangan internasional juga bisa menjadi sumber pemasukan
kas negara dari pajak-pajak ekspor dan impor.
Sumber :
http://putripanunggal.blogspot.co.id/2014/01/makalah-pemasaran-global.html
http://fembersentana.ucoz.com/blog/pengertian_pemasaran_global/2015-07-09-193
https://bintangfararyani.wordpress.com/2013/02/03/pemasaran-global-philip-kotler-dkk/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar